Jumat, 28 Desember 2012

[Dark side] Be Good or Be Bad

Gua  akuin, gua ini bukanla type orang dengan rasa optimis yang tinggi. Gua cenderung bersikap opposite dari itu a.k.a pesimis  #sigh. Saking pesimisnya [mungkin udah stadium lanjut], gua juga terkesan skeptis, apatis dan fiktif.

Kenapa gua berani nilai diri gua dengan adjektiva “negatif” macem itu, yah... gua berkaca pada pribadi gua itu kayak apa selama ini. Gua cuek, gua ngga peka, dan gua susah bergaul. Gua masih terlalu jauh untuk dikatakan dekat dengan kebaikan. Karena gua masih aja dibayang-bayangin berbagai keraguan dan kecurigaan.

Kenapa kayak gitu?
Ah yang bener?
Masa iya?
Gua ngga yakin dah...
Really, ngga usah becanda!
Lah kan seharusnya ngga gitu kali...
Tuh orang sebenernya kayak gimana sih?

Itulah pikiran-pikiran yang hampir selalu berotasi di otak gua. Sampe yang terparahnya, gua bahkan berpikir kalo pada dasarnya manusia itu hipokrit. Ngga terkecuali gua juga.

Keapatisan gua bermula gara-gara kekecewaan gua yang menumpuk. Kekecewaan yang pada dasarnya emang bersumber dari diri gua sendiri. Gua kecewa karena gua ngga bisa jadi apa yang seharusnya. Maksud gua, seyogyanya manusia itu haruslah bisa bersikap baik dan bener-bener berpribadi baik. Dan sejauh ini gua belom menemukan itu pada diri gua.

Dari rasa kekecewaan gua itupun, gua jadi sering merhatiin manusia lain di sekitar gua. Gua ngamatin gimana mereka, apa habit mereka, sikap mereka, sifat dan semacemnya. Lama-kelamaan apa yang gua lakuin kayak jadi semacem bumerang. Awalnya gua berniat buat nyari referensi [berasa mo bikin makalah aja :P] gimana idealnya menjadi manusia yang baik. Tapi, semakin kesini malah semakin ngebuat gua kembali tenggelam dalam rasa pesimis. Lalu muncul pertanyaan baru,”Orang baik itu diukur dari apanya?” [asli bikin gua semakin puyeng].

Dari pengamatan gua itu, gua berkesimpulan bahwa di dunia ini ngga ada manusia yang 100% baik dan atau sebaliknya, ngga ada manusia yang 100% jahat.

Mungkin gua emang sotoy kalo berasumsi kayak gini. Manusia itu dinamis. Sedeket-deketnya kita mengenal seseorang, setahu-tahunya kita tentang karakter dia, gua pikir sesungguhnya kita itu ngga tahu apa-apa. Sama sekali. Pernah denger tentang kepribadian ganda? Mmm... gua sih ngga nyebutin kalo gua itu berkepribadian ganda ya,kekeke. Cuman bagi gua, manusia itu mempunyai “dark side” [ yang sering gua sebut sebagai “monster”].  Entah manusia itu pandai ato gegabah dalam ngendaliin “dark side”nya yang jelas gua punya hal semacem itu.

Heffh.... Dark side. Kemungkinan ini yang bikin gua belom bisa dikategorikan dalam manusia yang baik. Gua sadar, segala kecurigaan gua dateng dari sana. But, what should i do? Gua bingung mo ngapain. Sebagian orang boleh perpikiran bahwa “dark side” itu sebenernya adalah jiwa kita yang buruk, jiwa yang dipenuhi dengan belenggu-belenggu setan. “Dark side”lah yang merusak kebaikan-kebaikan yang pernah kita lakuin.  Tapi secara pribadi, disaat “dark side” gua itu muncul, gua jadi lebih banyak berpikir [seperti sekarang ini].

Selalu akan ada hal-hal yang terjadi, yang kita alami, yang membuat kita bersedih, yang mebuat kita terpuruk, yang mebuat kita terluka, yang membuat kita tersakiti. Dan di saat itulah kemungkinan besar “dark side” muncul. Dan kadang “dark side”lah yang menguatkan kita untuk berdiri kembali [walaupun dari sisi negatif]. Yah... bagi gua ngga ada salahnya mempunyai “dark side”. Yang terlintas dalam benak gua sekarang ini, yang bisa gua lakuin cuman belajar. Gua harus belajar buat meminimalisir “dark side” gua itu [karena dia ngga mungkin bakal bisa dilenyapkan selenyap-lenyapnya].



Nb: Ini adalah salah satu tulisan aneh gua lainnya :P. Tapi, meskipun begitu gua mau ngucapin termakasih buat orang-orang yang udah bikin gua perlahan-lahan percaya  :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar